Amankan Pemilu 2019, Polres Bekasi Siapkan Ribuan Personel

Spread the love

bekapjabar.com, Bekasi – Polres Metro Bekasi, Jawa Barat bersama Pemerintah Kabupaten Bekasi dan penyelenggara Pemilu menggelar simulasi pengamanan kota Operasi Mantab Brata dengan melibatkan 1.117 personel dari seluruh satuan.

“Simulasi ini adalah bentuk latihan di mana nantinya bila terjadi aksi huru-hara atau bentrokan antarpendukung pada saat proses Pemilihan Umum Calon Presiden dan Wakil 2019,” ujar Wakil Kapolres Metro Bekasi AKBP Luthfie Sulistiawan, seperti dilansir Antara, Rabu (7/11/2018).

Menurut dia, pada Pemilu 2019 nanti banyak polemik yang terjadi agar pasangan calonnya dapat terpilih. Sehingga, lanjut dia, hal itu dapat memancing emosi para pendukung masing-masing calon presiden.

“Hal itu juga bisa menjadi pemicu munculnya potensi konflik suku, agama, dan ras serta berita hoaks,” ucapnya.
Polisi, kata Luthfie, juga memiliki tugas sebagai pengawas pada penyebaran informasi berbasis teknologi seperti media sosial maupun media lainnya.

“Dengan adanya permasalahan tersebut maka Polres Metro Bekasi akan melakukan penindakan dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat,” ucap Luthfie.
Selain itu, bentuk keamanan menjaga Pemilu 2019 yang akan dilakukan di antaranya pengamanan pada wilayah hukum dengan memberlakukan sistem patroli keliling dan memberantas kriminalitas jalanan.

“Pengamanan tersebut akan dilakukan oleh anggota polisi di sektor wilayah kecamatan masing-masing,” tutur Luthfie.