Gaji 800rb perbulan hanya bisa tinggal dibawah Sutet

Spread the love

BekapJabar.Com – Para Pekerja Penyediaan Jasa Kebersihan/Cleaning Service (CS) di lingkungan Pemkab Bekasi yang berada di antara kawasan industri, ternyata menyimpan ironi. Kehidupan mereka masih memprihatinkan. Gaji Rp800 ribu hanya bisa tinggal dibawah Sutet rumah berdinding bilik bambu dan berlantai tanah.

Jumat (9/11) sore BekapJabar.Com berkesempatan mengunjungi ‘istana’ salah satu CS di Kampung Kandang Geureng, Desa Jayamukti. Sekitar luasan 40 meterpersegi, Atip mendirikan bangunan bermodalkan Rp.3 juta untuk membangun ‘istananya’ yang sudah ditempati selama tiga tahun. Gajinya sebagai CS di Pemkab Bekasi hanya Rp800 ribu/bulan.
kondisi permasalahan ekonomi yang sedang dialaminya, terpaksa membuat anaknya harus putus sekolah karena keterbatasan biaya dunia pendidikan. Saat ini untuk mencukupi kehidupan keluarganya, dirinya harus bekerja secara bersama dengan putra sulungnya menjadi seorang CS di Gedung Wibawamukti di lingkungan kantor Pemkab Bekasi.

”Dulu saya kerja di salah satu perusahaan, karena sakit sehingga saya dipecat. Dan saat itu kebetulan juga anak baru lulus SMP menuju SMA, karena tidak ada biaya terpaksa anak jadi putus sekolah,” kisah pria kelahiran tahun 1968 ini, dengan nada sedih dan menunduk.

Istri Atip, Acah mengutarakan dirinya sering bertengkar atau marah apabila terjadi permasalahan ekonomi di tengah kehidupannya dengan serba pas-pasan.”Tentu masalah ekonomi ini menjadi masalah bagi rakyat kecil seperti kami, namun saya tetap berjuang untuk menyambung hidup dan semangat. Karena semua ikhitiar pasti akan ada hasil,” ujar Acah.

Acah yang juga sebagai pekerja kebersihan di salah satu perusahaan di Kawasan Delta Mas, sangat berharap adanya nilai kesejahteraan bagi pekerja CS di lingkungan Pemkab Bekasi. ”Kami sebagai rakyat dan memang pribumi asli Bekasi, serta tidak jauh dari kantor pemda. Kita harap ada kenaikan kesejahteraan bagi rakyat kecil yang memang benar-benar bekerja,” terangnya. 
#_yans