Kisah Pilu Dibalik Megahnya Gedung Bupati Kab. Bekasi

Spread the love

BekapJabar.Com
Kisah Pilu Cleaning Service
-Di balik megahnya gedung Bupati Kab. Bekasi tempat pelayanan masyarakat dan para pejabat Pemkab Bekasi bekerja membawa mandat rakyat ternyata ada kisah pilu tersimpan, ada jerit rakyat yang selama ini justru tidak terdengar oleh Bupati dan para pejabat lainnya di Kab. Bekasi,

Jerit itu datang dari Cleaning Service (CS) yang setiap hari bekerja di gedung yang terletak di desa Sukamahi   Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi Deltamas komplek perkantoran kabupaten Bekasi.

Setiap hari mereka bersentuhan dengan para pejabat, akan tetapi pejabat-pejabat di kantor tersebut tak pernah tahu atau tak mau tahu bahwa para CS mengalami kesusahan, bahkan bisa dibilang mendapati ketidakadilan.

bayangkan dari total 4 orang CS yang bekerja di gedung Wibawamukti Kab. Bekasi, mereka setiap bulannya hanya mendapatkan gaji Rp. 800 ribu, tanpa uang makan dan juga asuransi kesehatan. Aturan apa yang dipakai oleh Pemda mengenai upah pekerja sehingga muncul angka Rp.800rb tersebut acuannya darimana.
upah harus ditetapkan dan dibayarkan sesuai perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan. klu perjanjian kesepakatan kerja tidak ada dan gaji pekerja Cleaning Service pun berbeda beda ada yang Rp.1.2Jt bahkan ada yang hanya 800rb perbulannya, sama saja hal nya dengan perbudakan secara tidak langsung,

Padahal bisa dibilang kerja mereka cukup berat dan harus berangkat pagi-pagi,

“Pembantu rumah tangga saja dapat makan dari majikannya kita ini gak dapat makan, gajinya kecil gak dapat BPJS lagi. tapi gimana lagi, dari pada gak kerja,” ujar salah seorang CS/OB, yang namanya minta dirahasiakan.

gaji sekecil itu, pada dasarnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di Kab. Bekasi.

para CS juga terkadang tepaksa mengumpulkan sisa-sisa makanan saat rapat untuk dimakan karena tidak ada uang untuk makan siang.

“Kan kadang ada nasi buat acara rapat. nah kalau yang gak dimakan ya udah kita ambil kita yang makan. habis gak ada duit buat makan di kantin,” kata dia.

adanya hal tersebut BekapJabar.com meminta pihak para Pejabat terkait untuk memperhatikan kesejahteraan para CS yang merupakan tenaga kontrak.

Dia juga menyayangkan jasa pihak ketiga yang mempekerjakan para CS tanpa membekalinya dengan BPJS.

BekapJabar.com Berharap para pejabat terkait mengevaluasi pihak ketiga yang tidak memberikan BPJS. kemudian dan kami juga berharap agar para Pejabat memperhatikan kesejahteraan CS salah satunya dengan menyediakan makan siang untuk mereka. kasihan kerja mereka berat dan gaji mereka kecil,”
#Abray