Pelayanan Disdukcapil Kab. Bekasi Amburadul

Spread the love

BekapJabar.Com – Keterlaluan sistem pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Bekasi sangat amburadul terkait proses kepengurusan Kartu Tanda Penduduk, kartu keluarga dan pengurusan surat kependudukan lainnya. Selain itu, tata cara maupun prosedur pelayanan dikantor pun tidak kalah carut marutnya, jam 09:00 wib pagi nomor antrian yang dibagikan petugas Disdukcapil sudah habis, menyusul persyaratan yang harus dibawa para pemohon.

Seperti yang dialami Siti Julaeha 29 tahun asal Desa Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Bekasi mengaku sudah tiga hari datang ke Gedung Pelayanan
Disdukcapil untuk melakukan cek fisik data diri yang tidak muncul, arahan dari petugas Kecamatan Cikarang Pusat saya diarahkan agar ke Pemda ke Bidang Data gedung B2 Disdukcapil namun hingga kini tidak juga kebagian nomor antrian dan belum bisa di proses, Ketika ditelusuri di Disdukcapil Kab. Bekasi, Pasalnya ia harus bulak balik dan lagi-lagi pelayanan tertunda dengan alasan server error/Offline

Untuk mengurus data diri saya saja masak kayak seperti ini,” ujar Siti Julaeha, Rabu, (26/12/18).

Amburadulnya pelayanan tidak sebatas itu, ketika pemohon meminta cetak ulang e-KTP dan KK yang rusak malah pemohon disuruh balik ke desa untuk melengkapi persyaratan yang dianggap kurang.
Ketika awak media melakukan kajian langsung ke kantor Disdukcapil Kab Bekasi ternyata masih jauh yang diharapkan oleh para pemohon baik sisi kenyamanan maupun tata cara pelayanan. Dengan demikian keberadaan Disdukcapil Kab Bekasi harus perlu disorot agar teknis pelayanan benar-benar sistematis, Pemerintah Daerah Kab Bekasi seharusnya mencari solusi agar pelayanan masyarakat tidak semerawut seperti ini untuk kepenguran data diri.

#Ridwan