Penunjukan Roalih, Sebagai Plt Kepala Desa Cikarang Kota : Enop Can Mengaku Sudah Sesuai Tahapan UU

Spread the love

BEKAP JABAR – KABUPATEN BEKASI || Camat Cikarang Utara (Cikut), Enop Can, mengaku penunjukan Sekretaris Desa (Sekdes) Cikarang Kota, Roalih, sebagai Plt Kepala Desa (Kades) sampai dilantiknya Kades terpilih hasil Pilkades sudah sesuai dengan tahapan dan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Di dalam Pasal 45 UU Nomor 6 Tahun 2014 disebutkan apabila Kades diberhentikan sementara, cuti, dan/atau meninggal dunia, maka Kades akan digantikan oleh seorang Plt. Plt Kades adalah Sekretaris Desa baik PNS maupun non PNS.

Bahkan, pihak kecamatan juga sudah meminta petunjuk dan arahan kepada Bupati Bekasi melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi dengan surat Nomor 141.1/03-Tapem/01/2021 pada tanggal 5 Januari 2021.

Hal itu dilakukan setelah Pj Kades Cikarang Kota, Yusuf, terhitung pada tanggal 12 Januari 2021 sudah memasuki masa purna bakti atau pensiun selaku Aparatur Sipil Negara (ASN), sedangkan dirinya pada saat itu masih menjabat sebagai Pj Kades Cikarang Kota.

“Sesuai jawaban surat dari DPMD, Pj Kades Cikarang Kota yang sudah memasuki masa purna bakti sebagai ASN akan diberhentikan jabatannya selaku Pj Kades Cikarang Kota oleh Bupati sesuai ketentuan yang berlaku,” ungkapnya kepada para awak media.

Untuk mengisi kekosongan jabatan Kades setelah diberhentikannya Pj Kades Cikarang Kota, Camat diberikan delegasi untuk mengangkat Plt Kades. Dimana sesuai UU Nomor 6 tahun 2014, Plt Kades adalah Sekretaris Desa baik PNS maupun non PNS.

“Karena itu, saya setelah menunggu hasil pemberhentian Pj Kades saya akan mengusulkan Plt Kades Cikarang Kota. Jadi saya sudah melakukan tahapan itu sesuai dengan aturan. Saya juga selalu berkonsultasi dengan DPMD,” terangnya.

Mantan Camat Cibarusah ini menegaskan, dengan ditunjuknya Plt Kades Cikarang Kota, dirinya berharap agar roda Pemerintahan Desa (Pemdes) Cikarang Kota tidak terganggu sampai dengan saat pelantikan Kades Cikarang Kota terpilih tanggal 9 Februari 2021.

“Saya enggak mau pelayanan kepada warga masyarakat di Desa Cikarang Kota menjadi terhambat. Karena itu saya selaku Camat Cikarang Utara berkewajiban untuk meminta arahan, petunjuk dan lain sebagainya,” tandasnya.

(bray).