RELAWAN DESA PASIRSARI EVAKUASI KORBAN BANJIR DENGAN PERAHU DARI DRUM BEKAS

Spread the love

Bekasi – bekapjabar.com || Cuaca ekstrim beberapa hari belakangan ini menyebabkan bencana alam banjir dimana-mana.

Hal ini memaksa berbagai elemen masyarakat bahu membahu membantu dan menolong masyarakat korban banjir dengan berbagai cara.

Salah satu Kawasan Industri yang ada di Cikarang Kabupaten Bekasi yaitu Kawasan Industri Jababeka Tahap II, tak luput dari bencana banjir (20/02/2021). Banyak karyawan yang terjebak di tempat kerjanya masing-masing.

Ada hal unik terjadi pada saat itu. Relawan Siaga Desa Pasirsari Untuk mengevakuasi penduduk dan karyawan dikarenakan ketiadaan fasilitas, mereka membuat perahu dari drum bekas.

Adam salah satu Relawan Siaga Pasirsari mengatakan, “kami sama sekali tidak punya perahu karet ataupun pelampung, tapi banyak karyawan yang juga warga desa Pasirsari yang terjebak, walau bermodal keberanian dan alat seadanya kami harus evakuasi mereka”.

Sakir yang juga anggota Relawan Siaga Pasirsari berharap ada instansi terkait atau dari lembaga manapun yang mau memberikan pelatihan dan fasilitas yang memadai kepada Relawan Siaga. Karena menurutnya selama ini Relawan hanya mengandalkan semangat dan keberanian. Hal tersebut di aminkan juga oleh anggota relawan lainnya.” Mungkin kalau kami mendapatkan cukup pelatihan, kami bisa lebih membantu dan turun dibanyak tempat yang mengalami bencana” ujarnya.

Menurut pantauan awak media Relawan Siaga ini kiprahnya sudah cukup lumayan. Mereka selalu terlibat dalam sosialisasi dan penyaluran bantuan yang berkaitan dengan Covid-19, Membantu pencarian korban tenggelam, pengamanan ketertiban di wilayah dan evakuasi korban banjir juga penggalangan dana untuk bantuan sosial. AMS