RIBUAN WARGA MERIAHKAN KARNAVAL HUT RI KE-74 DI GRINTING

Spread the love

BEKAP JABAR
Bulakamba-Brebes

GRINTING,- Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tingkat Desa Grinting Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes diadakan karnaval, Ribuan warga berkerumun di sepanjang tepi Jalan utama, mereka antusias menyaksikan karnaval, pada Senin (18/8/2019).

Tepat pukul 13.30 WIB, peserta iring-iringan mulai bergerak dari lapangan sepak bola Desa Grinting menuju panggung utama yang berada di sekitar Pasar Pagi Desa Grinting. Mereka mengenakan aneka jenis kostum dan dekorasi unik yang berwarna-warni. Adapun karnaval tingkat Desa Grinting Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes diikuti oleh pelajar dari tingkat TK, SD, MI dan MTS serta 13 Paguyuban yang ada di Desa Grinting.

Kemudian, ada hal menarik dari paguyuban Sondoman 076 yaitu Alusista bentuk Tank Perang yang dibarengi dentuman tembakan, penonton jadi terpukau ketika tembakan dibunyikan serta tarian kreasi pencak silat. “Sebagaimana pencak silat merupakan olahraga asli Indonesia serta cara kita berupaya untuk dapat melestarikan seni dan budaya kita sendiri, pungkas Tohirin yang merupakan Ketua Paguyuban Sondoman 076.

Ketua panitia karnaval tingkat Desa Grinting, Roy Untung mengatakan “Karnaval ini, diikuti sedikitnya sekitar 5 peserta TK, 2 MI, 4 SD dan 1 MTs serta 13 peserta dari Paguyuban.
Para peserta karnaval menampilkan kreasi untuk dinilai menjadi pemenang juara pada karnaval dalam memeriahkan HUT RI Ke-74 tingkat Desa Grinting. Menurutnya tiap tahun selalu ada peningkatan jumlah peserta,” katanya.

Wantoro (32), salah seorang warga, sangat senang mengikuti menjadi peserta gelaran karnaval ini dan semoga panitia dapat menilai peserta karnaval dengan sportif. Mudah-mudahan acaranya bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Salah satu BPD, Rudi Hermanto mengatakan acara bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan masyarakat, khususnya warga Desa Grinting menyambut HUT RI Ke-74 tahun 2019.

“Memang acara ini skupnya hanya desa, tapi kemeriahannya melebihi kecamatan. Saya dapat data dari panitia, hampir ribuan peserta yang ikut karnaval ini,” ujar Rudi saat ditemui di sela-sela acara. (Bray/Tri)