Sosok Kiayi Asli dari Rengasdegklok-Karawang

Spread the love

Bekapjabar.com

Karawang

KH. Obay Hasan Bashri

KH.Obay Hasan Bashri adalah pendiri Pondok Pesantren Salafiyah MURSYIDUL FALAH.
Yang beralamat di Kampung Sawah
Rengas Dengklok, Karawang, Jawa Barat.

Beliau mesantren ke Mama Idris,Bendul-Purwakata Idris, seorang ahli Jam’ul Jawami.Kemudian mesantren juga kepada Ajengan Muhdi Citeko, Purwakarta,
Rajamandala Bandung,Mama Bakri Sempur, Mama Syatibi Gentur
KH.Kholil banjar.

KH. Obay punya isteri Hj. Halimatussa’diyyah bt. KH.Abdul Manaf,seorang perempuan keturunan Banten.

Ketika mesantren di Sempur,KH.Obay satu kurun dengan Buya Dimyati Cidahu Banten dan Al-Fakir KH. Hasan Bashri Cigudeg, Kedaung, Bogor.

Abah Obay adalah seorang ahli ilmu Tauhid,setiap Romadhon berdatangan santri-santri senior dari berbagai penjuru untuk mendapatkan cucuran ilmu tauhid dari talang emas Abah Obay yang tak pernah kering.Kitab yang dikaji dibulan Romadhon semuanya adalah ilmu tauhid seperti: Ummul Barohin, Jauharotuttauhid,
Assanusi dan Alhikam.

Suatu tradisi unik di kalangan pesantren tradisional di pulau Jawa saat bulan Romadhon adalah diselenggarakanya kegiatan ngaji pasaran/pesantren kilat/khotmul qur’an, hampir semua pesantren mengadakan kegiatan ini,dimana Sang Kiayi membacakan kitab-kitab pada waktu-waktu tertentu dengan durasi yang cukup lama, tujuanya adalah agar dalam satu bulan Ramadahan bisa menamatkan beberapa kitab yang menjadi target para kiayi dan santri untuk mempelajarinya.

Dan Alhamdulillah sampai saat inipun,di Masjid-Masjid besar seperti di Masjid Jam’iyyatulhikmah,Kelapa Nunggal, Batujaya, Karawang.

Atau juga di Masjid Besar Alfalah Batu Jaya,akan di adakan juga acara KHOTMUL QUR’AN ketika Romadhon tiba.Semoga di Masjid-Masjid lainpun demikian.

Salah satu pesantren besar di Jawa Barat yang setiap tahun menyelenggarakan pengajian pasaran besar-besaran adalah Ponpes Mursyidul Falah Karawang saat di pimpin oleh Alm KH. Obay Hasan Basri,bagi kalangan santri/ustadz era tahun ’90 an yang tinggal di Jawa Barat dan Banten,sosok ini sangat terkenal dan dihormati..

(Nandang AT)