STAI-HAS Memiliki Visi Menjadi Perguruan Tinggi Islam Yang Unggul di Provinsi Jawa Barat

Spread the love

BEKAP JABAR – KABUPATEN BEKASI || Civitas Academica Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Haji Agus Salim (HAS) Cikarang yang berada di bilangan Desa Tanjungsari, Kecamatan Cikarang Utara, berkomitmen untuk meningkatkan soliditas dan kekompakan internal dalam rangka membangun sebuah perguruan tinggi yang terus berkembang.

Hal tersebut diantaranya dilakukan dengan merekrut Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki potensi dan kapasitas di bidangnya masing-masing. STAI HAS juga terus berupaya meningkatkan fasilitas fisik untuk kenyamanan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) para mahasiswa saat perkuliahan berjalan.

Ketua STAI HAS Cikarang, Solihin Sari mengatakan, saat ini STAI HAS memiliki dua Program Studi (Prodi) yaitu Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Hukum Ekonomi Syariah (HES) yang sudah terakreditasi B, artinya secara kualitatif telah memiliki sistem pembelajaran yang diakui oleh negara.

Prodi PAI tercatat telah mendapatkan akreditasi B sejak tahun 2009, sementara Prodi HES baru mendapatkan akreditasi B pada tahun ini karena baru mengeluarkan satu angkatan. Untuk saat ini jumlah mahasiswa STAI HAS sudah sekitar 600 mahasiswa.

“Sejak berdiri tahun 2000 STAI HAS sudah memiliki sekitar 14 angkatan dan saat ini para alumni sudah banyak yang berkiprah di masyarakat, seperti berkarir di birokrasi, di dunia akademisi atau sukses menjadi seorang pemuka agama,” ungkapnya saat didampingi Ketua Yayasan STAI HAS, Diding Saefudin Zuhri kepada awak media.

Solihin menambahkan, sejak tahun 2014 sebenarnya STAI HAS sudah merencanakan penambahan prodi baru, tetapi rencana tersebut masih terkendala kepada SDM tenaga pengajar atau dosen yang harus full mengajar di STAI HAS. Meski demikian, pihak kampus terus berupaya agar perguruan tinggi bisa semakin berkembang.

“Iya insyaallah kita berupaya entah pada tahun ini penambahan prodi baru tersebut bisa terwujud, karena kalau kita mau jadi universitas kan harus punya minimal tiga fakultas, atau kalau mau jadi institut itu harus setidaknya punya beberapa jurusan atau fakultas,” terangnya.

Untuk diketahui, STAI HAS memiliki visi menjadi Perguruan Tinggi Islam yang unggul di Provinsi Jawa Barat sebagai wadah pengembangan ilmu-ilmu keislaman dan ilmu-ilmu sosial berbasis nilai-nilai lokal dan industri pada tahun 2023.Ucapnya. (bray)