TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DENGAN WHATSAPP PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SD NEGERI MEKAR MUKTI 01

Spread the love

Sudah hampir setahun Indonesia menghadapi wabah virus covid 19, hal tersebut berdampak besar pada dunia Pendidikan di Indonesia tak terkecuali di SD Negeri Mekar Mukti 01 Kec. Cikarang Utara Kab. Bekasi.

Adanya perubahan proses pembelajaran inilah yang menuntut Tenaga Pendidik harus mengubah cara mengajar dari cara mengajar secara langsung menjadi secara tidak langsung. Permasalahan utama dunia pendidikan saat pandemi Covid-19 adalah bagaimana supaya Peserta Didik, walaupun harus di rumah tetapi tetap belajar. Karena belajar merupakan sarana utama bagi Peserta Didik supaya dapat tumbuh secara maksimal. Proses pembelajaran secara daring merupakan proses belajar yang bersifat asinkronus, yang diharapkan tetap dapat berlangsung secara nyaman dan menyenangkan untuk semua warga sekolah, terutama bagi Tenaga Pendidik dan peserta didik.

Selama masa pandemi covid 19 sekolah tidak bisa melaksanakan pembelajaran secara tatap muka (PTM), melainkan secara Belajar Dari Rumah (BDR). Hal tersebut mewajibkan para Tenaga Pendidik untuk bisa menggunakan dan mengaplikasikan teknologi, dalam kata lain seorang pendidik harus melek Ilmu Teknologi (IT).

Penggunaan teknologi untuk membangun makna dan mencapai tujuan komunikasi sosial tentunya harus mempertimbangkan tiga dimensi utama, yaitu desain dari produk perangkat lunak yang digunakan, penggunaannya dalam konteks sosial dan keterkaitan antara desain dan penggunaan teknologi tersebut (Djonov & van Leeuwen, 2018b). Bagi Tenaga Pendidik, perspektif teknologi semiotika ini harus menjadi pertimbangan dalam memilih teknologi yang akan digunakan untuk pembelajaran digital, pengembangan desain dan struktur materi pembelajaran dalam produktivitas teknologi tersebut, dan bagaimana desain dan struktur tersebut digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran (Kress & Selander, 2012).

Kami tenaga pendidik di SD Negeri Mekar Mukti 01 Kec. Cikarang Utara Kab. Bekasi, menggunakan teknologi WhatsApp dengan Whatsapp Grup sebagai media komunikasi antara Tenaga Pendidik dengan Peserta Didiknya. Selain media komunikasi WhatsApp Grup juga dipakai buat mengirimkan materi, memberikan tugas dan lain sebagainya.

Pemilihan Whatsapp dalam pembelajaran daring di SD Negeri Mekar Mukti 01 Kec. Cikarang Utara Kab. Bekasi, disebabkan Whatsapp mudah dioperasikan dan hampir setiap orang menggunakannya. Kemudian selain itu fitur di dalam Whatsapp sudah cukup lengkap dan mumpuni di antaranya ada fitur  WhatsApp mempunyai beberapa fitur: mengirim pesan, mengirim foto dari galeri ataupun dari kamera, mengirim video, mengirimkan berkas-berkas kantor atau yang lainnya, menelpon melalui suara, termasuk mengirim pesan suara, panggilan suara dan video conference

Dari fitur-fitur yang ada pada WhatsApp tersebut sangat memudahkan Pendidik dan Tenaga Pendidik untuk menggunakan aplikasi tersebut. Adapun jenis konten WhatsApp yang digunakan antara lain: – Chat Group Konten ini digunakan untuk integrasi antara dosen dengan mahasiswa yang berlangsung dalam waktu nyata. – Fasilitas Share Dokumen Konten ini digunakan untuk membantu kelompok belajar mengirim dokumen dalam bentuk file – Kamera Konten ini digunakan untuk membagi beberapa kegiatan untuk membutuhkan gambar yang diambil pada sebuah kegiatan – Galeri Konten ini digunakan untuk membagi atau mengirimkan gambar/video yang telah tersimpan sebelumnya. – Audio Konten ini digunakan untuk membagi file berbentuk suara. – Youtube Video Box Aplikasi yang digunakan untuk berbagi koleksi dan sharing video di WhatsApp. – Dropbox Aplikasi yang digunakan adalah untuk berbagi file pembelajaran.

IWA KARTIWA

SD Negeri Mekar Mukti 01 Kec. Cikarang Utara Kab. Bekasi

Mahasiswa SPs UHAMKA / 1909057036

(red)