TKSK Cikarang Utara : Agil Melakukan Pendampingan Seorang Anak Telantar

Spread the love

BEKAP JABAR – KABUPATEN BEKASI || Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Cikarang Utara melakukan pendampingan seorang anak terlantar berusia delapan tahun yang bernama Rendy Syahputra yang akrab disapa Rohim. TKSK telah mengantarkan anak terlantar tersebut kepada orangtuanya di wilayah Kota Cimahi Jawa Barat.

TKSK Cikarang Utara, Agil Syahrudiana mengatakan, pihaknya menjemput anak terlantar tersebut di Polsek Cikarang. Setelah itu anak tersebut diamankan sementara di kantor Kecamatan Cikarang Utara dan pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cimahi. Rohim mengaku datang ke Bekasi dengan menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Cikarang.

“Anak ini pernah tinggal di panti asuhan di Jakarta. Saat kami berkoordinasi dengan pendamping panti asuhan Tante Wulan, dirinya membenarkan kalau anak tersebut adalah binaannya. Si anak juga mengaku kenal dengan Tante Wulan sebagai pembinanya dinpantinasuhan,” ungkapnya kepada para awak media.

Dikatakan Agil, TKSK memang mempunyai kewajiban untuk melindungi anak-anak yang memang belum terkena hukum yang berlaku di Indonesia. Anak kecil itu menurutnya memang harus mendapatkan pendampingan dan arahan dari orangtua.

TKSK telah memberikan sumbangsihnya kepada orangtua agar anak tersebut bisa dijaga, dilindungi dan diarahkan agar kedepannya anak tersebut bisa menjadi seorang pemimpin yang hebat.

“Dalam seminggu ini ada dua anak terlantar yang kami lakukan pendampingan. Di wilayah Cikarang ini memang cukup banyak anak-anak kecil jenjang SD (Sekolah Dasar), dan hal itu menjadi tugas dari TKSK kedepannya,” terangnya.

Dirinya berharap agar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bekasi, bisa berkoordinasi dengan semua kecamatan agar kedepannya tidak ada lagi anak-anak terlantar di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Setiap kegiatan-kegiatan sosial memang selalu berkoordinasi dengan TKSK, karena TKSK Cikarang Utara merupakan koordinator untuk kegiatan-kegiatan sosial yang ada di Cikarang Utara,” tandasnya.(bray).