Tupoksi Inspektorat dipertanyakan Masyarakat

Spread the love

Tupoksi Inspektorat dipertanyakan Masyarakat.
*BekapJabar.Com* Pengaduan Masyarakat ke Inspektorat ditindaklanjuti tapi tidak sebagaimana mestinya Tupoksi Inspektorat.
Program Mengintensifkan Penanganan pengaduan masyarakat
dan penanganan Kasus dan Pengaduan Masyarakat dimana Program tersebut dianggarkan di APBD Kab. Bekasi yang pelaksanaan dan penangannya seharusnya sesuai Regulasi.

Kordinator Pekerja Boy Iwan menilai bahwa Inspektorat pemerintah daerah mandul.

“Inspektorat tentunya sudah mandul, tidak punya kekuatan apa-apa untuk mengawasi OPD Di Kab. Bekasi,” kata Boy dalam sebuah diskusi di Gedung DPRD Kab. Bekasi, Selasa (18/12/2018).

Kemandulan Inspektorat Pemerintah Daerah ini disebabkan salah satunya oleh struktur kelembagaan yang berada di bawah Kepala Daerah. Inspektorat tidak Independen karena diangkat dan dicopot oleh Kepala Daerah.

“Ketika Inspektorat tidak ada Independensi, ya mana bisa mengawasi. Orang tentunya tidak bisa mengawasi seseorang yang posisinya lebih tinggi dari dia,” ujar Boy
Seharusnya, menurut dia, Inspektorat direstrukturisasi menjadi lebih Independen.
dengan demikian, Inspektorat menjadi mekanisme filter pertama jika ada dugaan pelanggaran prosedur atau bahkan tindak pidana korupsi.

“Inspektorat harus vertikal dengan Kepala Daerah, diperkuat kapasitas dan sumber daya manusianya. Bukan cuma merekomendasikan, bahkan bisa meluruskan prosedur yang salah dan bisa memberikan sanksi awal,” ujar Boy.
Pengaduan Masyarakat seharusnya ditindaklanjuti sesuai Tupoksi Inspektorat sebagaimana mestinya sesuai aturan perundang undangan yang berlaku.
*Yanz*