Vaksin Covid-19 Malam Ini Tiba di Indonesia

Spread the love

JAKARTA – BEKAP JABAR ||Indonesia bersiap menyambut kedatangan vaksin virus corona (Covid-19), Minggu (6/12). Berdasarkan akun YouTube resmi Sekretariat Presiden, vaksin akan tiba di Bandaran Internasional Soekarno Hatta.

Kehadiran vaksin Covid-19 merupakan salah satu yang ditunggu oleh Indonesia.
Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa vaksin Covid-19 akan segera datang. Saat itu Jokowi memperkirakan kedatangan pada akhir November atau awal Desember.
Meski begitu vaksin tak dapat langsung digunakan untuk program vaksinasi. Diperlukan sejumlah tahapan untuk mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Kalau nggak di akhir 2020 atau bulan Januari 2021 vaksinasi bisa kita lakukan,” ujar Jokowi saat penyerahan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) di Istana Negara, Rabu (25/11).
Belum diketahui jenis vaksin yang didatangkan oleh Indonesia pertama kali. Indonesia juga sebelumnya telah menetapkan 6 jenis vaksin Covid-19 yang akan digunakan.
Penetapan tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/9860/2020. Jenis vaksin yang ditetapkan adalah vaksin produksi PT Bio Farma (Persero), AstraZeneca, China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm), Moderna, Pfizer Inc. and BioNTech, dan Sinovac Biotech Ltd.
Penggunaan vaksin tersebut diperbolehkan setelah mendapatkan persetujuan dari BPOM. Pengadaan vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi program yang dibayar pemerintah dilakukan oleh Menteri Kesehatan sedangkan pengadaan vaksin untuk vaksinasi mandiri dilakukan oleh Menteri BUMN.(bray).