Warga Mengeluh Pelayanan Kependudukan, Bupati diharapkan Perbaiki Birokrasinya

Spread the love

BEKAP JABAR

Kabupaten Bekasi, Warga desa sukatenang, kecamatan Sukawangi mengeluh atas lambatnya dan semrawutnya pelayanan administrasi kependudukan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Cikarang Pusat. (9/7/19)

Panih (42) menjelaskan bahwa dirinya bergegas bersama anaknya ke kantor Disdukcapil sejak pukul 6 pagi. Dan sampai di kantor Dinas Kependudukan pukul setengah 8. Untuk mengurus akte kematian Suaminya yang belum lama ini meninggal karena sakit.

Akte kematian diurus agar bisa mencairkan pesangon suaminya untuk modal usaha. Mengingat dirinya kini menjanda dan mengurus 1 anaknya.

Ini hari pertama dirinya ke kantor Pemkab Bekasi, perasaan bingung menghantui dirinya sesampainya di kantor disdukcapil. Itupun karena beberapa kali dirinya bertanya dengan security selaku pamdal pemda.

Dirinya menjelaskan kronologi kedatangannya di kantor disdukcapil dengan mengambil nomor antrian karena tidak ada pegawai pemda yang stand by di nomor antrian. Namun setelah ada staf dirinya bertanya dan diarahkan agar menumpuk berkas persyaratan akte kematian di loket.

Kondisi sesak dan tidak teratur di dalam ruang pelayanan membuat anaknya tidak betah. Sampai pukul 10.55 WIB berkas yang ditumpuknya belum dipanggil.

Kepada Bekapjabar.com dirinya menyampaikan keluhannya atas pelayanan disdukcapil yang masih kurang memuaskan. Dirinya berharap Pemkab Bekasi bisa memenuhi hak warga untuk mendapatkan pelayanan yang prima.

“Saya sampe sini jem setengah lapan (8), udah ngambil antrian, gak jadi. Terus suruh ditumpuk berkasnya. Sampe jem sebelas (11) belum dipanggil – panggil padahal kan kita juga punya urusan lain. Liat aja nih, sampe bejubel (menumpuk)” Keluh Ibu Panih dengan mata berkaca-kaca pada Bekapjabar.com

Dirinya berharap kepada Bupati Bekasi Eka Suptia Atmaja agar memperbaiki sarana prasarana dan sistem birokrasi agar memberikan pelayanan prima.

“Tolong pak Bupati Bekasi yang Baru, diperbaiki birokrasinya biar enggak semrawut kaya gini” Harapnya

Sementara itu, ketika dikonfirmasi ke staf, kepala disdukcapil Bapak Hudaya sedang mengurus keberangkatan ibadah haji tahun ini. Hingga berita ini dimuat belum ada yang bisa dimintai keterangan. (San/bray)