Berharap Adanya Penambahan Gedung Baru Sekolah SMPN & SMAN Di Desa; Sukaraya Kecamatan Karangbahagia

AMS

Sukaraya Kecamatan Karangbahagia kabupaten Bekasi Jum at, (19 Jul 2024 )02_01:32 WIB
Berharap Ada Penambahan Sekolah SMPN Dan SMA di wilayah Desa Sukaraya Kecamatan Karangbahagia Kabupaten Bekasi – pasalnya banyak tokoh warga masyarakat di Desa Sukaraya Kecamatan Karangbahagia kabupaten Bekasi berharap ada penambahan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah menengah Atas (SMA) di daerah itu. Karena daya tampung siswa untuk tingkat SMP dan SMA sederajat di daerah itu, sudah mulai dikeluhkan orang tua siswa. Sehingga setiap tahun pelajaran baru, ada warga yang harus memasukkan anaknya ke tingkat SMP dan SMA di luar kecamatan .

“Beberapa tahun terakhir ini, banyak warga mengeluh lantaran SMP & SMA sederajat banyak menolak akibat daya tampung tidak memadai dan sudah melebihi kapasitas,” ujar Salah seorang warga pemerhati pendidikan , , jumat (19/jul 2024 ).

Menurutnya usulan untuk pembangunan SMP dan SMA Di Desa Sukaraya Kecamatan Karangbahagia kabupaten Bekasi dapat memanfaatkan lahan pasos dan pasum perumahan Sukaraya Indah . Dimana lahan seluas lebih kurang 8000 M3 dinilai memadai untuk pendirian sekolah baru atau untuk setingkat SMP Dan SMA.

Pembangunan sekolah baru setingkat SMP dan SMA ini dinilai mendesak, agar dapat mengatasi keluhan warga setiap tahunnya. “Pendidikan ini penting. Nasib negara dan daerah ini akan ditentukan oleh generasi saat ini. Makanya perlu disiapkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai,” ungkapnya.

Dalam pada itu, H.Garun tokoh pendidikan yang tinggal di wilayah Desa : Sukaraya menyambut baik rencana pengusulan pembangunan SMP Dan SMA 2. “Saya juga setuju, jika lahan pasos perumahan dibangun gedung SMP Atau SMA 2 Diwilayah Desa :Sukaraya kecamatan Karangbahagaia. Kabupaten Bekasi ,” ucapnya.

H.Garun itu juga membenarkan bahwa setiap tahun banyak warga yang mengeluhkan untuk memasukkan anak ke tingkat SMP dan SMA. Hal itu disebabkan oleh keterbatasan daya tampung SMP sederajat Apa lagi bangun sekolah sekelas menengah Atas Negri di Desa Sukaraya Kecamatan Karangbahagia kabupaten Bekasi ,Belum ada sama sekali.

Sehingga para orang tua dengan terpaksa mendaftarkan anaknya di sekolah yang ada di luar kecamatan. “Lulusan SD dan SMP sederajat lebih banyak dibandingkan dengan daya tampung di SMP dan SMA sederajat yang ada di Desa Sukaraya Kecamatan Karangbahagia ,” tambahnya.

Ditempat terpisah, sekdes Desa :Sukaraya ketika dikonfirmasi mendukung penuh rencana pembangunan SMP dan SMA 2 Diwilayah Desa Sukaraya . “Saya mendukung apa yang diusulkan masyarakat dan rekan _rekan pers , termasuk pemanfaatan lahan kosong,tersebut.

Namun demikian, sekdes berharap agar dilakukan pembahasan bersama tingkat Kelurahan, Korwil Disdik dan Pemerintah Kecamatan. Sehingga saat pengusulan kepada Pemerintah Kabupaten dan Provinsi Jawa Barat melalui Disdikbud, tidak ada kendala.

“Jika sudah dibahas disetiap tingkatan, Pemerintah Kabupaten tidak ada alasan untuk merekomendasikan atau mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat ,(red)

ketua BPD SUKARAYA bapak ISNAENI saat di konfirmasi dikantor BPD Sukaraya membenarkan adanya keluhan warga Sukaraya terkait sulitnya masuk sekolah baik tingkat SMP maupun tingkat SMA akibat dari sistem zonasi yang diterapkan oleh Kemendikbud sehingga beliau mendukung penuh atas rencana pembangunan sekolah diwilayah desa Sukaraya tsb. Hal ini sesuai dengan amanat UUD 1945 bahwa negara harus menyediakan sarana pendidikan yang cukup dan memadai untuk setiap warganya ucapnya pada media (.sgd)