Sungai Citarum Ditata, “Warga Lenggah Sari Resah Kondisi Tanggul Rawan Jebol.

AMS

Bekasi – Penataan tanah sedimen mulai dikerjakan oleh Pemerintah provinsi Jawa Barat turut melibatkan tenaga para prajurit TNI terjun langsung menuju ke sejumlah titik lokasi sekitar area bantaran tanggul hingga ke dasar aliran sungai Citarum yang terletak di wilayah hilir utara Kabupaten Bekasi.

Saat awak media di lokasi, tampak kehadiran prajurit TNI pada Jum,at 18.Oktober 2024.lalu.anggota prajurit TNI monitor program kerja Citarum Harum dengan dibantu menggunakan sejumlah alat berat (Ekcapator) yang sengaja diterjunkan agar mempermudah pelaksanaan pekerjaan di loaksi.

Melalui program kerja Citarum Harum yang digiatkan oleh Pemprov jabar dalam rangka melaksanakan penataan terhadap kondisi bentuk tanah tanggul dan juga area lahan bantaran sungai Ciarum di titik areal lokasi sekitar pemukiman penduduk Kampung Terusan, Desa Lenggah Sari, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi. Prop Jawa barat.

Selain itu, Program Citarum Harum dengan bentuk kegiatan serupa penataan tanah tanggul dan juga bantaran sungai Citarum juga dilaksanakan oleh Pemprov Jabar di sekitar area pemikiman penduduk kampung Terusan Dusun 01, Desa Lenggah Sari, Kecamatan.Cabangbungin.

Berdasarkan pantauan dari lokasi kegiatan, proses pelaksanaan penataan tanah Tanggul dan bantaran sungai Citarum melalui program kerja Citarum Harum diketahui ternyata dapat menghasilkan ribuan ton tanah sedimen yang harus dibuang pmenggunakan sejumlah armada truk berkapasitas besar yang telah dipersiapkan oleh sejumlah pelaksana kegiatan melibatkan masyarakat setempat.

Diluar dari itu, ribuan ton tanah sedimen yang dihasilkan melalui pelaksanaan kegiatan penataan tanah bantaran tanggul sungai Citarum ternyata mulai diangkut oleh sejumlah armada truk berkapasitas besar untuk melaksanakan kegiatan pengurugan lahan tanah darat oleh sejumlah nama pengusaha setempat.

Sayangnya, proses pengiriman tanah sedimen untuk melaksanakan kegiatan pengurugan lahan tanah darat milik masyarakat yang diangkut menggunakan sejumlah armada truk dari titik lokasi kegiatan program kerja penataan tanah tanggul dan bantaran sungai Citarum memicu peningkatan aktifitas kendaraan besar di sepanjang jalan raya
Cabangbungin.

Selain itu, prosea pengiriman tanah sedimen menggunakan armada truk menuju lokasi pengurugan lahan tanah darat juga sempat menyebabkan jalan raya utama pada jalur Cabangbungin kotor dan berdebu akibat muatan tanah yang terjatuh dan tercecer di atas badan jalan.

Ditempat dan waktu terpisah, kata Mirtono Mpd, Camat Cabangbungin saat dihubungi awak media via
Whsappnya. mengatakan mewakili masyarakat Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi.kita akan melayangkan surat pada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Propinsi Jawa Barat.agar segera memperbaiki kondisi tanah tanggul Sungai Citarum diwilayah Desa Lenggah Sari Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi.
karena kalau jebol ada tiga desa yang bakal terendan dan kebanjiran luapan air sungai Citarum.” pintanya.

( Sgd ).