Vaksinasi Dosis I di Kabupaten Bekasi sudah mencapai 67%

AMS
Kadis Kesehatan Kab. Bekasi Sry Enny Mainiarni

Bekasi – Untuk mencapai target herd Immunity di masyarakat khususnya di Kabupaten Bekasi, pemerintah Kabupaten bekasi bersama TNI, Kepolisian, Dinas Kesehatan dan juga Relawan terus menggenjot kegiatan Vaksinasi untuk masyarakat.

Desa Pasirsari adalah salah satu desa yang menjadi Gerai Utama pelaksanaan Vaksinasi di Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi.

Menurut keterangan dari Bapak Cahyono salah satu koordinator Vaksinasi di Desa Pasirsari, Capaian yang sudah tervaksin pertanggal 1 Oktober 2021 untuk dosis I mencapai 96%, sedangkan dosis II mencapai 76% dari Rasio penduduk yang menjadi target sebanyak 13.527 Jiwa.

“Walaupun secara target dari pemerintah sudah tercapai, tapi Gerai Vaksin tetap akan terus dibuka sesuai petunjuk dari pemerintah, dan mungkin selesainya juga akan menunggu arahan dari pemerintah” ujarnya Cahyono menambahkan.

Sementara itu untuk pencapaian di Kabupaten Bekasi sendiri, Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi menyampaikan pencapaian vaksinasi Covid-19 dosis ke-1 telah mencapai 64,7 persen. Diharapkan target vaksin tersebut bisa tercapai minimal 70 persen agar terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity. 

“Bahkan kalau berdasarkan data dari KTP itu sudah mencapai 67 persen, untuk dosis satu,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sry Enny Mainiarti pada Senin (11/10/2021). 

Kadinkes mengakui masih ada masyarakat Kabupaten Bekasi yang enggan untuk divaksin. Karena itu Pemkab Bekasi meningkatkan upaya percepatan dengan melakukan program vaksin dari rumah ke rumah.

“Jadi yang masih belum berani vaksin kami sudah door to door, setiap RT kita datangi,” tambahnya.  

Meski begitu, Sri Enny mengakui ada juga masyarakat yang sudah divaksin namun belum ter-input datanya. Karena itu pihaknya akan segera melakukan re-input data agar dapat memunculkan data yang valid di lapangan.

Sementara itu, lanjutnya, berdasarkan data dari desa dan kecamatan, tingkat vaksinasi Covid-19 cukup tinggi diangka rata-rata 78 persen. 

Meski begitu, Kadinkes mengakui masih banyak masyarakat yang belum terima vaksin. “Masih tetap ada, makanya kami mengajak masyarakat yang belum karena kondisi sakit, karena kena covid, harus segera divaksin,” tegasnya. AMS