Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) Kota Bekasi Segera Aktif

AMS
Audensi tentang pengelolaan sampah setadion Chandrabaga yang di gagas oleh BSIP dan Pemkot Bekasi

Bekasi – Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) Kota Bekasi yang berada di bawah Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi menggelar audiensi bersama Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi dan Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono juga didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Yayan Yuliana.

Acara terselenggara di Area Stadion Patriot Chandrabaga yang dihadiri oleh Camat se Kota Bekasi dan para pengurus dari BSIP Kota Bekasi. Selasa 30/11/2021.

Ketua BSIP, Edi Supangat dalam sambutannya mengatakan bahwa selama pandemi Covid 19 selama ini kegiatan dari bank sampah sangat vakum hanya beberapa RW saja yang tetap berjalan, diharapkan dengan adanya audiensi dengan Pemerintah Kota Bekasi ini, pengelolaan sampah di tiap RW di Kota Bekasi bisa berjalan kembali.

” Penurunan terdampak Covid-19, dari 200 Bank sampah, hanya bergerak sekitar 50% , sekitar 89 tidak aktif. Kami sangat berharap pengelolaan Bank Sampah ini akan terus aktif pada saat landainya Covid-19 sekarang” ujar Edi Supangat.

Ia juga mengatakan bahwa sebagian RW di Kota Bekasi belum bisa mengkoordinasikan mengenai sosialisasi Bank Sampah, terkendala pada lahan dan pengelola Bank Sampah tersebut, dari BSIP siap melakukan sosialisasi pada tiap RW untuk menggerakkan pada wilayah masing-masing.

Wali Kota Bekasi ucapkan terima kasih kepada para penggerak dan pengelola dari tiap Kecamatan untuk memprogramkan dan mensosialisasikan bank sampah di setiap RW. Wali Kota juga menegaskan kepada setiap Camat untuk segera melakukan fungsi dari bank sampah yang bisa mendorong pengelolaan sampah di setiap wilayah. Berikut juga Wali Kota akan membuatkan kerjasama antara Pemerintah Kota Bekasi dengan BSIP Kota Bekasi untuk menunjukkan eksistensi dari BSIP sebagai pengelola sampah.

Dalam MoU tersebut akan menggaet dari BPRS Patriot Kota Bekasi dalam kerjasama untuk pengembangan pengelolaan Bank Sampah mengenai dana pinjaman untuk pengelolaan tersebut, juga akan menggaet IPPAT Kota Bekasi yang fungsinya jika ingin membangun koperasi dalam bank sampah akan di koordinasikan dengan Ippat Kota Bekasi dalam mengurus segala kebutuhan notarisnya.

Wali Kota juga mengatakan bahwa RW adalah kepanjangan tangan dari Pemerintah Kota Bekasi. Camat diharapkan terus mensosialisasikan setiap program dari Pemerintah Kota Bekasi dan mengajak para Ketua RW untuk selalu belajar mengenai pentingnya pengelolaan sampah. ***