Terkait Kelestarian Alam, Ribah Setiawan Rusban, SH Ketua Umum LSM GEMPAL : Bumi Ini Bukan Warisan Tapi Titipan Untuk Kelangsungan Generasi Selanjutnya

AMS
Ribah Setiawan Rusban, SH Ketua Umum LSM GEMPAL

Kabupaten Bekasi – LSM Generasi Masyarakat Peduli Alam dan Lingkungan (GEMPAL) terkenal rajin bergerak dalam isu-isu pencemaran lingkungan, pelestarian alam dan membantu masyarakat yang terdampak bencana alam.

Dikomandani oleh seorang pria kelahiran Kp. Gabus Kabupaten Bekasi, LSM Gempal terus konsisten berperan aktif dalam upaya pelestarian alam dan lingkungan. Diusianya yang ke-9 LSM Gempal merayakannya dengan menanam 500 pohon yang diadakan di Desa Harapanjaya Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi. Senin 10/1/2022.

Kepada bekapjabar.com, Ribah mengatakan bahwa konsistensinya terhadap kelestarian alam dan lingkungan, karena menurutnya bumi kita ini bukan warisan, tapi titipan untuk dijaga agar bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya.

“Bumi kita ini bukan warisan, namun titipan untuk dijaga demi kelangsungan hidup generasi selanjutnya. Untuk itulah LSM Gempal ada, agar menjadi wadah bagi semua aktifis dan relawan yang konsisten ikut menjaga atau meminimalisir kerusakan alam ini,” ujarnya.

“Terkait masih adanya perusahaan yang masih membuang limbah khususnya limbah berbahaya, Gempal sangat mengutuk keras bahkan kami sudah menyiapkan mulai dari somasi sampai pelaporan kepada pejabat yang berwenang termasuk kepolisian. Walaupun kami sadar, tidak mungkin dari Tujuh Ribuan Indutri yang ada di Kabupaten Bekasi, pencemaran tidak mungkin di Nol kan,” Tambahnya.

“Kami LSM Gempal akan terus konsisten dalam hal pelestarian lingkungan. Salah satunya kami akan terus menanam pohon sebanyak-banyaknya di berbagai tempat yang sekiranya membutuhkan, karena oksigen akan terus dibutuhkan,” Pungkasnya. (Red)