Warga RT. 05/02 Desa Pasirsari Melaksanakan Kerja Bakti Pembenahan Area Pembuangan Sampah

AMS
Warga RT. 05/02 Desa Pasirsari Melaksanakan Giat Kerja Bakti

bekapjabar.com Kabupaten Bekasi – Permasalahan kesehatan lingkungan di Indonesia sangatlah beragam dan dari tahun ke tahun belum dapat terselesaikan dengan baik. Masalah yang terjadi antara lain permasalahan pencemaran, baik pencemaran air, pencemaran udara, maupun pencemaran tanah. Namun yang paling masalah yang paling mendominasi dalam hal ini adalah masalah sampah.

Sampah plastik di Indonesia sendiri adalah yang paling mendominasi. Hal ini disebabkan oleh perilaku konsumtif dan perilaku ingin serba cepat sehingga produk instan yang kebanyakan menggunakan pembungkus plastik sehingga kita dapat menemukannya dimana saja, baik di pantai, jalan raya, selokan, sungai, dan berbagai tempat lainnya. Indonesia sendiri tercatat menyumbang 10% sampah plastik untuk dunia sehingga disetiap langkah kita, kita akan melihat setidaknya ada satu sampah plastik yang dibuang sembarangan. Bayangkan apabila kita mengurangi penggunaan plastik minimal 3 plastik setiap harinya dan setiap orang di Indonesia melakukan hal yang sama, pasti akan berbeda pemandangan yang kita lihat sekarang ini.

Di wilayah Desa Pasirsari khususnya di wilayah RT.05/02, keberadaan tempat pembuangan sampah warga yang sudah mulai menggunung, sudah mulai mengganggu kerapihan dan kebersihan lingkungan.

Dengan dipimpin Yahya Mardinata Ketua RT.05/02 hari ini Minggu 16/1/2022, warga melakukan kerja bakti merapihkan tempat pembuangan sampah yang ada di lingkungan tersebut.

Menurut Yahya kerja bakti ini merupakan awal dari kegiatan menata lingkungan khususnya pengelolaan tentang sampah.

“Sampah merupakan masalah global, bukan hanya masalah dilingkungan kami, tapi menjadi masalah dunia. Untuk itu kami melaksanakan kegiatan gotong royong untuk berusaha menyelesaikan masalah tersebut,” tegasnya.

“Ini adalah langkah awal, kedepannya kegiatan ini akan kami lakukan secara rutin setiap hari Minggu. Jangka panjangnya sambil mencari anggaran kami akan buat semacam Bank Sampah dan terus mengkampanyekan kepada semua warga tentang bagaimana mengelola sampah yang baik. Karena tanpa kesadaran dari seluruh warga mustahil masalah sampah ini akan teratasi,” Jelas Yahya.

Dalam kegiatan kerja bakti ini pun dihadiri oleh Danton Karyadi RK. sebagai komandan Linmas Desa Pasirsari mewakili Pemerintahan Desa Pasirsari. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat baik dan perlu diberikan apresiasi.

“Saya mengapresiasi kegiatan kerja bakti seperti ini, saya malah berharap disetiap RT di Desa Pasirsari melakukan kegiatan kerja bakti seperti ini. Kami Linmas Desa Pasirsari siap mendukung setiap kegiatan di masyarakat yang bersifat positif,” ujarnya.

Warga berharap kegiatan kerja bakti ini bisa berkelanjutan dan mendapat dukungan dari pemerintah mulai tingkatan Pemerintahan Desa sampai yang atasnya. (Red)