PT. Dexa Medica Menjalin Kerjasama Dengan Karang Taruna Pasirsari Mengembangkan Budidaya Cacing Lumbricus Rubellus

AMS

bekapjabar.com Kabupaten Bekasi – Sejak tahun 2005, divisi riset perusahaan Dexa laboratories of biomolecular sciences (DLBS) telah menemukan bahan aktif yang asli berasal dari Indonesia. Bahan-bahan langka ini kemudian digunakan dalam obat-obatan herbal yang diproduksi oleh Dexa Group dan didistribusikan kepada masyarakat dengan harga terjangkau. Hal ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk meningkatkan perawatan kesehatan bagi semua orang.

DLBS menggunakan sumber hidup organisme seperti tumbuhan, hewan dan mikroba untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. DLBS adalah rumah bagi sebagian ilmuwan dan apoteker, di mana ratusan diantaranya adalah orang Indonesia.

PT. Dexa Medica untuk mensupport DLBS, bekerja sama dan melatih petani untuk menghasilkan bahan-bahan alami berkualitas tinggi dan terstandarisasi.

Di desa pasirsari, PT. Dexa Medica menjalin kerjasama dengan Karang Taruna Desa Pasirsari dalam pengembangan budidaya cacing Lumbricus Rubellus. Cacing jenis ini adalah salah satu bahan utama dalam pembuatan obat herbal yang diproduksi oleh PT Dexa Medica hasil riset DLBS.

Dalam kerjasama tersebut, PT Dexa Medica memberikan pelatihan dan bimbingan serta bibit dan media tanam kepada kelompok tani di bawah binaan Karang Taruna Desa Pasirsari. Menurut pantauan bekapjabar.com, pelatihan sudah dilakukan sebanyak dua kali yaitu bertempat di basecamp nya Karang Taruna dan di pusat budidaya cacing di Bandung.

Bapak Nando perwakilan dari PT Deksa Medica menuturkan bahwa kerjasama ini tujuannya agar bisa memenuhi kebutuhan bahan pembuatan obat herbal dari cacing

” Tujuan kami bekerja sama dengan kelompok tani binaan karang taruna Desa Pasirsari, agar bisa membantu kebutuhan utama pembuatan obat herbal. Untuk pertama kami coba budidaya cacing dulu” tuturnya.

“Selain itu Kami ingin agar masyarakat di wilayah, Khususnya Desa Pasirsari merasakan manfaat dari adanya kami di Desa Pasirsari ini. Kami konsisten untuk ikut terus dalam program pemberdayaan masyarakat. Ke depannya kalau budidaya cacing ini sukses, tentu kami akan membangun kerjasama untuk item-item lainnya” ujar Bapak Nando menambahkan.

Sementara itu Bang Gunawan Ketua Karang Taruna Kecamatan Cikarang Selatan yang kebetulan hadir saat serah terima bibit cacing dari PT. Dexa Medica kepada Karang Taruna Desa Pasirsari, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada PT Dexa Medica.

“Saya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada PT Dexa dan juga kepada Karang Taruna Desa Pasirsari atas kinerjanya dalam memanfaatkan CSR dan pemberdayaan kepada masyarakat” ujarnya.

“Karang Taruna Kecamatan Cikarang Selatan akan mendukung penuh Setiap kegiatan positif semua Karang Taruna tingkat Desa terutama untuk Karang Taruna Desa Pasirsari, yang telah menunjukkan kinerja dan prestasinya” pungkas Bang Gunawan. Red