Padat Karya Tunai Dana Desa, Pemdes KarangRahayu , Ajak Warga Bersihkan Drainase

AMS

KarangBahagia bekapjabar.com – Pemerintah Desa KarangRahayu melaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai Dana Desa tahun anggaran 2022 dengan membersihkan saluran air atau drainase di jalur jalan utama Buyut khaifah (Cikarang/Pule ) Kegiatan padatkarya tunai Dipokuskan didepan kantor pemerintahan Desa KarangRahayu. pada Saptu (27/08/22).

Kepala Desa  KarangRahayu , Ino Hermawati  yang  terlihat secara langsung memimpin tersebut mengatakan, tujuan dari kegiatan Padat Karya Tunai Dana Desa tersebut untuk membersihkan dan mengangkat sampah dan lumpur yang ada di saluran drainase yang berada di pinggir jalan utama mengingat jalur tersebut adanya  genangan air  apalagi  mulai ada  turunnya intensitas hujan pada akhir-akhir ini.

“Iya hari ini kita melakukan gotong royong bersama masyarakat Desa karangrahayu untuk membersihkan saluran air yang sudah lama mampet (tidak lancar ) apalagi sekarang sudah mendekati musim hujan,” ucapnya.

Padat Karya Tunai sendiri merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Ketua BPD dan Kaur Kestra Desa karangrahayu menjelaskan, setiap seminggu sekali Pemerintah Desa KarangRahayu rutin melaksanakan kegiatan tersebut dengan melibatkan warga lokal yang berada di Desa KarangRahayu sebagai salah satu kegiatan untuk meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat.

“Kegiatan Padat Karya Tunai Dana Desa ini kita jadikan sebagai ajang untuk menumbuhkan budaya gotong royong, kekompakan, dan kebersamaan dalam konteks yang positif. Sehingga tercipta kesadaran di masyarakat tentang pola hidup yang baik terhadap lingkungan,” katanya.

Dirinya menambahkan, diharapkan output dari kegiatan tersebut nantinya menjadi suatu kebiasaan bagi masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan tempat tinggal mereka agar selalu bersih dan rapi. Pola pikir masyarakat tentang permasalahan sampah juga dapat terbentuk sehingga kedepan diharapkan wilayah Desa karangRahayu khusus Kecamatan Karangbahagia kabupaten bekasi ,bersih dan asri.

“Saya berharap dengan begitu kesadaran masyarakat mulai meningkat tentang kebersihan ini, mereka yang akan menjadi pelopor kebersihan di lingkungan mereka. Hal ini tentu dapat memperindah dan menyehatkan lingkungan tempat tinggal serta mengurangi potensi bencana banjir,” ujarnya. Menurut Ketua BPD Karangrahayu program padat karya tunai.
, terus melalukan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca banjir Genangan air dijalan raya buyut khaifah Saat ini pemerintahan Desa karangrahayu ,ketua BPD serta masyarakat percepatan perbaikan saluran drainase jalur khususnya Depan kantor Desa Karangrahayu .

Pekerjaan itu dilakukan melalui skema Padat Karya Tunai dan menyerap 45 tenaga kerja lokal.

“Tujuannya untuk menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya, di satu disisi kita lakukan pembangunan di sisi lain kita berdayakan masyarakat kita sendiri,”

Kaur Kestra Desa KarangRahayu mengatakan kepada media Bekapjabar.com , hal ini sejalan dengan instruksi Kades KarangRahayu , Ino Hermawati untuk berdayakan dan optimalkan warga setempat atau sekitar,

Salah seorang pekerja, menyebutkan pekerjaan drainase yang melibatkan dirinya adalah salah satu bentuk perhatian pemerintah Desa terhadap masyarakat terlebih di masa _masa sahat saat ini.

“Alhamdulillah bisa dilibatkan, semoga sering-sering warga lokal yang dipakai untuk proyek-proyek pemerintah,” katanya

Diketahui, pekerjaan yang berlangsung adalah pembangunan saluran drainase dengan target capaian sepanjang 1km meter,Kegiatan padat karya kurang lebih 1 kilo di mulai dari jam 08.00 wib sampai dengan selesai berjalan lancar.

Harapan dari warga khusus nya warga Dusun 1(satu) dengan ada nya kegiatan padat karya dapat mengurangi air yg setiap hari selalu tergenang” ucapnya.

Di tempat terpisah Ketua BPD Karang Rahayu mengatakan ” Dengan adanya kegiatan ini bisa meminimalisir banjir di bahu jalan yang selalu tergenang air dengan jalan mengangkat kotoran sampah dan lumpur yang menyumbat saluran air yang mengakibatkan tidak lancar nya arus air ke hulu, dan kami berserta jajaran pemerintah desa KarangRahyu ,Bimaspol di bantu warga turun ke lokasi untuk Adakan Kegiatan padat karya bersih – bersih saluran air got dan yang tergenangi air yang mengakibatkan banjir, kegiatan padat karya ini mengantisifas agar saluran air got menjadi lancar dan bersih tidak lagi limpas ke bahu jalan ” ucapnya (sgd)