Berita  

Camat Karnadi Sos MM Bersama FPRB KarangBahagia Bersihkan Sampah Kali Ciherang Mengunakan Alat Berat .

AMS

Kabupaten Bekasi bekapjabar.com – Kamis (24/Nov /2022) Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (FPRB ) setempat terus berbenah melakukan pencegahan terjadinya banjir. Apalagi saat ini, berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di seluruh Indonesia khususnya Kabupaten Bekasi telah memasuki musim penghujan selama Bulan November 2022 hingga Februari 2023 mendatang.

Mengantisipasi banjir saat musim hujan tiba, Satgas FPRB Kecamatan karangbahagia, Karnadi Sos Mm (camat Karangbahagia) serta Hasan Basri (Agil) perwakilan BPBD Kabupaten Bekasi bergotong-royong bersama Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kecamatan karangbahagia dan warga setempat membersihkan sampah yang ada di Kali Cherang yang melintas di Karang satu dan Desa karangbahagia kecamatan karangbahagia kabupaten Bekasi , Kamis (24/Nov /2022).

Kepala Pelaksana perwakilan BPBD Kabupaten Bekasi ,Hasan Basri (Agil ) mengungkapkan bahwa aksi pembersihan sampah di sungai ini dilakukan setelah adanya laporan warga Kecamatan karangbahagia melalui FPRB Kecamatan karangbahagia yang telah dibentuk oleh BPBD Kabupaten Bekasi terkait adanya tumpukan sampah yang menghambat aliran air Kali Cherang Desa karangsatu..

“Kami hari ini bersama FPRB Kecamatan Karangbahagia dan warga melakukan pembersihan sampah, plastik dan ranting kayu  untuk memperlancar aliran air yang ada di Kali Cherang. Hal ini juga sebagai upaya mengurangi risiko  banjir di musim penghujan agar sungai tidak mampet dan alirannya lancar,”tutur Aji Yono Subarjo ketua FPRB kecamatan karangbahagia

Hasan Basri (Agil) perwakilan BPBD kabupaten Bekasi mengapresiasi atas inisiatif FPRB Karangbahagia yang telah aktif berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten bekasi untuk bersama menjaga kebersihan sungai.

“Kami sangat terbantu sekali adanya FPRB ini dalam rangka membantu Pemerintah terutama dalam hal memberikan informasi dan melaporkan kondisi di wilayahnya yang kemungkinan rawan bencana sehingga langkah antisipasi bencana ini bisa segera dilakukan. Selain kami sangat terbuka sekali untuk menerima laporan dari warga, BPBD juga telah rutin melakukan kegiatan serupa di beberapa sungai yang ada diwilayah Kabupaten bekasi, ” papar Hasan Basri (Agil)

Sementara itu, ketua FPRB Kecamatan karangbahagia Aji Yono Subarjo membenarkan bahwa beberapa hari yang lalu, intensitas curah hujan yang tinggi di kabupaten Bekasi menyebabkan debit air Kali Cherang cukup meluap hingga hampir 1 meter. Namun, beruntung tidak sampai menggenangi rumah warga.

“Selain membersihkan sampah, kami memotong batang pohon yang tersangkut di bawah tiang jembatan, sampah dan batang pohon ini berasal dari hulu arah Selatan yang terbawa kesini. Sehingga, kami meminta bantuan BPBD setempat untuk membantu peralatan alat Berat dan tenaga ahli untuk bersama-sama membersihkan sampah di sungai cherang ini agar aliran tidak tersumbat,” terang Aji Yono .

Ditambahkan anggota FPRB Kecamatan karangbahagia lainnya, Suganda , usai dibentuk FPRB, pihaknya bersama anggota FPRB kecamatan karangbahagia yang telah beranggotakan sekitar 25 orang dari berbagai elemen masyarakat karangbahagia dan sebagainya telah rutin melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan setiap Minggu, normalisasi sungai, sosialisasi peduli lingkungan kepada warga serta memasang spanduk larangan membuang sampah di sungai maupun selokan.

“Semoga upaya ini dapat menginspirasi masyarakat wilayah kecamatan karangbahagia khususnya warga masyarakat kabupaten Bekasi lain untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan terutama di sungai serta mengantisipasi banjir di musim hujan, Hadir dalam Giat pengerukan sampah kali Ciherang Karnadi Sos Mm (camat karangbahagia ) beserta jajarannya .Aji Yono Subarjo (Ketua FPRB karangbahagia beserta jajarannya ) dan Hasan Basri (perwakilan BPBD Kabupaten Bekasi) dan warga masyarakat desa karangsatu dan Ranting organisasi Ormas PP(pemuda pancasila) Desa karang Anyar beserta jajarannya dllnya.Serta ada 2 (dua) truck angkut sampah bantuan dari pemerintahan Desa karang setia dan Desa karang anyar kecamatan karangbahagia kabupaten Bekasi.(SGD)