Ketua Umum SMSI Buka Lokakarya Dalam Rangka HPN 2023

bekapjabar.com – Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat, Drs. Firdaus, M.Si membuka acara Lokakarya di aula Hotel Grand Trisula Kabupaten Indramayu. Minggu, 12 Februari 2023.

“Dengan membaca basmalah, Lokakarya dalam rangka HPN 2023 yang diselenggarakan SMSI Perwakilan Indramayu secara resmi dibuka,” tegas Ketum SMSI Pusat, Firdaus.

Pembukaan Lokakarya itu, disaksikan oleh sejumlah narasumber. Diantaranya Wakil Ketua Dewan Pers M. Agung Dharmajaya, Dirut Perumdam Tirta Darma Ayu Indramayu Ady Setiawan sebagai perwakilan dari Bupati Indramayu Nina Agustina, Ketua DPRD Indramayu H. Syaefudin, Kapolres Indramayu AKBP. M. Fahri Siregar, Ketua SMSI Jawa Barat Ahmad Sukri, Ketua SMSI Perwakilan Indramayu Ihsan Mahfudz beserta jajarannya, Kadis Kominfo Kabupaten Indramayu, sejumlah instansi terkait, insan pers dan organisasi masyarakat dan lainnya.

Pada kegiatan Lokakarya yang mengusung tema ” Kebijakan Pemerintah Terhadap Media Siber” itu, Firdaus mengatakan, SMSI itu mempunyai ekosistem. Diantaranya, milenial Syber Indonesia, LBH-SMSI, Syber pertahanan dan Forum Pemred atau Perkumpulan Pemimpin Redaksi Media Syber Indonesia.

“Komitmen SMSI terhadap masyarakat pers khususnya wartawan. Karena ini perusahaan media, tidak bisa tidak dia harus berkomitmen, bertanggung jawab terhadap karya kerja jurnalistik,” katanya.

Masih di katakan Firdaus, setiap berita yang didapatkan di media sosial dapat diambil namun harus di verifikasi terlebih dahulu dan di konfirmasi oleh rekan-rekan media terutama yang bekerja di meja redaksi.

“Ini komitmen kita dalam rangka membersihkan, menjernihkan informasi kepada publik,” ujarnya. Namun masalahnya sekarang, bagaimana mensinergikan, menyampaikan kepada penganut pemangku kebijakan.

“Karena nasib kawan-kawan di daerah ya seperti nasib kawan di Indramayu. Kalau kita tidak hidupkan ekosistem ini, mereka tidak akan kuat,” paparnya.

Ia pun mempertanyakan terkait dengan stimulus bagi media dari pemerintah. “Ada gak kawan-kawan dapat stimulus dari Kominfo? Nggak ada. Artinya tangan negara tidak sampai,” ucapnya.

Dewan pers sebagai fasilitator, dapat menyampaikan masalah tersebut kepada pemerintah. “Kalau tidak, tiba-tiba China ngajakin kerjasama kita mau juga,” candanya.

Sementara itu, Ketua SMSI Perwakilan Indramayu Ihsan Mahfudz mengatakan, kehadiran Ketua Umum SMSI Pusat dan Dewan Pers di kegiatan Lokakarya, ini menjadi sebuah kehormatan bagi SMSI Perwakilan Indramayu.

“Mudah-mudahan yang kami harapkan hari ini adalah bagaimana SMSI Perwakilan Indramayu memberikan kontribusi kepada masyarakat Kabupaten Indramayu bahwa SMSI merupakan organisasi yang tidak bisa di pandang sebelah mata,” katanya.

Dalam acara Lokakarya nanti, lanjut Dirut fokuspantura.com, ingin disampaikan kepada audient baik itu mewakili pemerintah ataupun lembaga dewan pers bahwa SMSI sudah menjadi Konstituen Dewan Pers.

“Karena masih banyak SKPD, mitra kerja yang masih memandang SMSI itu sebelah mata,” ujarnya.

Oleh karena itu, digelarnya Lokakarya itu untuk membedah bagaimana kebijakan-kebijakan pemerintah terhadap media digital. SMSI merupakan salah satu organisasi perusahaan pers yang didalamnya mewadahi perusahaan-perusahaan pers.

“Berharap kegiatan Lokakarya ini memberikan manfaat kepada semua khususnya untuk kelangsungan industri pers digital di Indonesia. Termasuk rekomendasi hari ini yang diselenggarakan oleh SMSI Perwakilan Indramayu, akan kami sampaikan kepada pemerintah, dewan pers dan jajaran-jajaran lainnya bahwa SMSI Kabupaten Indramayu, konkrit memberikan fungsi dan tugas pers sebagaimana amanat undang-undang pers No 40 tahun 1999,” ungkapnya.

Pada acara Lokakarya itu, SMSI Perwakilan Indramayu memberikan penghargaan kepada Dirut Perumda Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu Ady Setiawan dan GM PT PLN Nusantara Power Up Indramayu sebagai “Pendukung Kemajuan Perusahaan Pers Digital.

Kegiatan ini juga, Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus, melakukan penyerahan secara simbolis rompi SMSI kepada Ketua SMSI Perwakilan Indramayu Ihsan Mahfudz. (Red)

Exit mobile version