620 Atlet Panahan Rebutkan Piala Pj. Bupati Bekasi pada West Java Archery League 2023

Bekap Jabar

Bekapjabar.com CIKARANG UTARA – Kabupaten Bekasi untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Liga Panahan di Provinsi Jawa Barat. Turnamen yang bertajuk 1st West Java Archery League 2023 tersebut, diikuti sebanyak 620 atlet yang berasal dari 25 Kota/Kabupaten se-Jawa Barat dengan merebutkan sebanyak 36 medali. 

Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan saat membuka Liga Panahan yang diselenggarakan di Lapangan FSCM Jababeka Cikarang Utara mengatakan, kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka mencari bibit dan juga memberikan kesempatan kepada atlet-atlet junior untuk bisa menunjukan kemampuannya. 

“Kegiatan ini dalam rangka mencari bibit dan juga memberikan kesempatan kepada atlet-atlet junior untuk bisa menunjukan kemampuannya,” ujarnya saat diwawancarai, pada Rabu (22/2).

Dirinya berharap, melalui turnamen ini dapat muncul atlet-atlet muda panahan yang mampu memberikan prestasi baik di level nasional maupun internasional.

“Kami berkomitmen akan menjadi lumbung atlet bagi Jawa Barat, karena ini akan menjadi suatu kebanggaan bagi Kabupaten Bekasi bisa tampil di event olahraga nasional maupun internasional,” ucapnya. 

Ia juga mendorong  sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bekasi untuk menyosialisasikan olahraga panahan ini. Karena menurutnya, olahraga panahan yang sedang menjadi tren ini juga bisa membentuk budaya hidup sehat bagi masyarakat.

“Selain memang sedang menjadi _lifestyle_ ini juga bisa membentuk olahraga prestasi juga untuk membudayakan masyarakat untuk olahraga salah satunya adalah panahan,” Tandasnya. 

Terakhir, Dani juga berpesan kepada para atlet yang akan bertanding bagaimana agar anak panah bisa tepat ke sasaran, yakni  dengan semangat dan fokus serta terus berlatih dan jangan pantang menyerah. 

“Kalau belum juara kali ini bisa ikut tahun depan dan turnamen-turnamen lainnya sehingga bisa menjadi juara sejati. Semangat jaga sportifitas dan jadilah juara,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Provinsi Jawa Barat, Suheriyanto menyampaikan bahwa penyelenggaraan liga panahan ini merupakan event terbesar di tingkat Provinsi, dan akan berlangsung selama 4 hari yakni dari tanggal 22-26 Februari 2023.

“Alhamdulillah Kabupaten Bekasi bisa menyajikan event panahan di Jawa Barat, ini suatu kebanggaan menurut saya karena penyelenggaraan event panahan ini bisa menghadirkan 66 bantalan itu saya pikir di Indonesia belum ada,” katanya. 

Dirinya menambahkan, event panahan ini dilakukan sebagai evaluasi pembinaan, dan hasil seleksi untuk pembentukan tim yang akan berlaga di Pekan Olahgara Nasional (PON) yang akan berlangsung di Aceh Sumatera Utara. 

“Jadi nanti hasil dari liga Jabar ini, 10 besarnya pasti mereka akan dapat slot untuk mengikuti seleksi babak kualifikasi PON Aceh Sumut nanti,” Pungkasnya. (red)