Ingin Untung Banyak, Kontraktor Diduga Kurangi Kualitas Pembangunan Pemagaran Proyek SDN Karang Setia 02

AMS

KABUPATEN BEKASI bekapjabar.com || Pembangunan sarana , prasarana dan utilitas pemagaran sekolah SDN Karangsetia 02, Kecamatan Karangbahagia Kabupaten Bekasi diduga asal jadi.

Pekerjaan yang dilaksanakan oleh CV Inalindo Pratama bersumber dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi tahun 2023, Nomor kontrak : PG 02.02/273/SP/BN-DCKTR 2023 tanggal kontrak 12 juni 2023, Nilai kontrak Rp 207.273.000 ( Dua ratus tujuh juta dua ratus tujuh puluh tiga ribu rupiah).

Seorang warga setempat mengatakan, bahwa pekerjaan Pemagaran SDN Karangsetia 02 dinyatakan tidak memenuhi kriteria konstruksi. Alasannya karena material berupa pasir yang digunakan bukan lagi peruntukan buat masang batu, melainkan pasir untuk pengurugan.

” Menurut saya ini pasir urug, bukan pasir untuk pasang batu. Pasir itu banyak jenisnya, jika pasir ini tetap digunakan saya tidak jamin kualitasnya,” Ucap Sasmita

Mestinya menurut dia, jika kualitas ingin bagus jangan pake pasir yang tidak pas peruntukannya, karena proses pengajuan untuk mendapatkan pembangunan ini tidak mudah, mesti menunggu lama dari dinas

” Saya liat itu udah panjang pekerjaan pemasangan pondasi pake pasir itu, mestinya pelaksana tahu kalau, pasir itu tidak pas, jangan paksakan. Termasuk pemasangan pondasinya masih ada genangan air, harusnya dipompa dulu biar kering, ketinggian juga kurang maksimal. Di tambah lagi pekerja tidak memakai K3, mana yang pake sepatu bot ?, ga ada, padahal itu untuk kenyamanan dan keamanan kerja.

Rekanan Dinas (Pelaksananya) beberapa kali di datangi awak media tidak ada di lokasi, padahal saat lihat setiap hari, saya pertanyaan kepada pekerja mengakui bahwa Pelaksana ga pernah ada dilokasi kegiatan termasuk pengawas dinas, serta konsultan ” Tandasnya

Lebih jauh dirinya menyampaikan, jika pekerjaan itu tetap tidak ada perbaikan maka akan saya laporkan kedinas terkait.

Seorang pekerja dari kegiatan tersebut ketika di konfirmasi awak media mengatakan, bahwa membenarkan untuk material jenis pasir tersebut tidak cocok untuk pasir pasang batu.

” Saya mah cuma pekerja pak, ga tau apa apa, adanya bahan ini ya saya pake,” Tuturnya salah seorang pekerja.

Sedangkan saat dilokasi tidak ditemukan adanya pengawas dari Pemda Kabupaten Bekasi maupun konsultan. Harapan masyarakat Dimana pekerjaan pembangunan pemagaran SDN 02 karang setia, yang mana pekerjaan tersebut untuk kenyamanan anak-anak bangsa. Kami hanya berharap ditingkatkan tugas dan fungsinya pengawasan, pasalnya kami jarang sekali melihat khusus di kecamatan karang bahagia menemukan petugas pengawasan dan konsultan lama dalam pengawasan kerja dengan alasan banyak tugas yang harus di pantau (red)

Reporter : (sgd)