Warga Keluhkan Air Hitam dan Bau Menyengat, Berharap Segera Ditangani Instansi Terkait

AMS

Kabupaten Bekasi bekapjabar.com Sabtu (19/08/2023) Jam 16.45 Wib ” Air hitam dan bau menyengat dikeluhkan warga Kampung Sukamantri RT 06/02 Desa Sukaraya Kecamatan Karangbahgia Kabupaten Bekasi. Warga berharap segera diatasi oleh instansi terkait.
Pasalnya sudah berapa hari ini ,air Kali Ss Sukatani (Cilemah Abang pintu 7) hitam dan bau tak sedap dikeluhkan oleh warga RT 06 /02 Desa Sukaraya Kecamatan Karangbahgia Kabupaten Bekasi, Air yang mengalir dengan sangat lancar menuju berapa Desa di wilayah kecamatan Karangbahagia berapa hari ini terlihat air Sungai Ss Sukatani (Cilemah Abang ,Pintu 7) ,menimbulkan aroma tak sedap menyengat hidung serta hitam pekat.

Sejatinya masalah tersebut telah diketahui pihak terkait , bahkan sebelumnya berhembus kabar bahwa air hitam pekat dan bau itu akan segera ditangani setelah diusulkan untuk dilakukan pengerukan oleh instansi terkait. Namun hingga berita ini dimuat, belum ada tanda-tanda bahwa akan segera teratasi.

Warga berharap dengan adanya kabar yang berhembus sekira pada bulan Agustus ini dapat segera direalisasikan. Mengingat aroma tak sedap itu selalu tercium, bahkan diperparah dengan warna air yang hitam pekat

“Sebelumnya sekira bulan lalu sudah dilihat juga sama warga di bantaran sungai SS Sukatani . Infonya saat itu mau dilakukan pengerukan. Ini airnya bau dan jorok, dan tak bisa langsung mengalir menuju wilayah pertanian dan pemungkinan warga kecamatan Karangbahagia” kata seorang warga, Rosidi saat diwawancarai awak media ini di lokasi, Saptu (19/08) sore .

Dirinya berharap pihak terkait baik dinas yang berkompeten untuk segera melaksanakan pengerjaan. Hal tersebut dijelaskannya selain mengganggu pernapasan warga, juga tak bagus dipandang,mata mengingat aliran Sungai Ss Sukatani (Chilemahabang ,pintu 7) menjadi lintas warga masyarakat .

“Semoga ada segera kabar mau dilakukan pengerukan. Memang terlihat masalah sepele, tapi kami berharap segera diatasi. Jadi ini intinya bagaimana airnya dapat mengalir dengan lancar, tak ada lagi air hitam pekat yang mengalir ,” pintanya.

Secara terpisah, H .Cecep menerangkan bahwa telah berkoordinasi dengan pihak terkait yang menjadi keluhan warga RT 06/02 . Dirinya pun mengakui saat meninjau lokasi memang air pekat hitam itu mengeluarkan aroma tak sedap.

“Saya sudah koordinasi juga dengan yang lainnya . Bahkan orang 2 PJT dan akan bersurat ke DPU. Rencananya ,” terang mantan RW Desa Sukaraya kepada media

Dengan belum adanya realisasinya kapan pelaksanaan, ia pun menerangkan tetap intens mengomunikasikan dengan pihak DPU melalui telephone seluler.

“Saya sih berkabar aja di WA (Whats App) dengan orang PU, bilangnya diusahakan. Kami juga sudah bicarakan teknis pengerjaannya. Mudahan dalam waktu dekat ini ada kepastian adanya Penjernihan air sungai Ss sukatani (Chilemahabang ,pintu 7 ) tersebut ,” tutupnya. (Sgd)