Nelayan Pantai Harapan Jaya Mewarnai Pesta Laut, Muara Gembong

AMS

bekapjabar.com Kabupaten Bekasi – Masyarakat Pantai Harapan jaya Pesisir Pantai Muara Bendera, Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi, menggelar acara “Pesta Laut” pada Minggu (22/10/2023).

Acara yang melibatkan semua lapisan masyarakat nelayan Pesisir Utara, yang berjalan sangat antusias dengan terlaksananya acara Pesta Laut, hadir dalam acara tersebut jajaran pemerintahan Desa Pantai Harapan jaya .tokoh Nelayan Pantai Harapan jaya , beserta jajaran Muspika Kecamatan Muara Gembong.

“Pesta Laut merupakan acara pesta Rakyat Pesisir Pantai, yang dilaksanakan setiap tahunnya, untuk merayakan keberhasilan para nelayan sekitar dalam mendapatkan hasil tangkapan ikan dilaut.”

Salah seorang Nelayan muara gembong pada saat dikonfirmasi media menjelaskan “Acara Pesta Laut atau disebut [Nadran] merupakan bagian dari adat istiadat dan turun temurun masyarakat pesisir Pantai Utara di wilayah Kabupaten Bekasi.

Singkat cerita berdasarkan orang tua terdahulu,”Awalnya, karena banyak para nelayan tidak mendapat ikan pada saat melaut.” Dan jika hasil melautnya itu melimpah ruah, kami (nelayan) janji akan mengadakan acara seperti ini yang di sebut Nadran.Banyak parah nelayan membawa sesajian dllnya .(red)

Pelaksanaan pesta laut merupakan hasil iuran bergotong royong para Nelayan , Pesta Laut diadakan setiap 2 tahun sekali, dengan memakan anggara yang lumayan besar, hingga ratusan juta, dan secara keseluruhan itu semua terlaksana berkat gotong royong para nelayan.

Selain para Nelayan, masyarakat pada umumnya ikut serta memeriahkan acara Pesta Laut yang sudah menjadi tradisi. Masih dikatakan nya , ini bagian dari sejarah dan asal usul Pesta Laut, kami berharap bukan saja menjadi tradisi, melainkan menjadi aset atau potensi warga masyarakat pesisir Pantai Wisata Bahari. Pantai harapan jaya yang sebagian besar warga masyarakatnya merupakan para Nelayan dan buruh Tani. Potensi wilayah Pantai Harapan jaya akan terus kita kembangkan, namun tidak mengubah kultur dan budaya masyarakat Pantai sepanjang Pesisir Utara Kabupaten Bekasi, terang salah seorang tokoh nelayan [Red]