Tiga Musim Gagal Panen, Petani Berharap Bantuan Pemerintah

AMS

Karang setia kecamatan Karangbahagia kabupaten Bekasi bekapjabar.com – Kekeringan,Air limbah dan hama tikus yang melanda area pertanian di wilayah kecamatan Karangbahagia mengakibatkan banyak petani sudah tiga kali gagal panen. Terlebih para petani diwilayah desa karang setia .karang Rahayu serta di desa karang anyar yang mayoritas lahan pertanian, merupakan lahan tadah hujan.

Berkaitan dengan tiga musim gagal panen ini, para petani harus menelan kerugian yang cukup dalam. Selain tidak mendapatkan hasil panen mereka juga harus memutar otak untuk menyiapkan bibit dan biaya lainnya untuk penanaman pada musim tanam berikutnya.

“Kami bukan hanya merugi tetapi juga bingung, bagaimana dan dari mana kami mendapatkan benih dan modal untuk tanam padi untuk musim tanam berikutnya,” ungkap salah seorang petani di kawasan Desa karang setia Kecamatan Karangbahagia kabupaten Bekasi.

Ya juga mengatakan, biasanya benih, bibit padi serta modal bajak tanam kedepan, kami siapkan dari hasil panen, namun saat ini mereka gagal panen dan tidak mendapatkan apa – apa. Selain itu petani juga harus lebih hati hati dalam memperhitungkan masa tanam agar tidak kembali merugi akibat gagal panen seperti sekarang ini .

Saat ini para petani hanya bisa berharap pemerintah terkait bisa memberikan mereka bantuan bukan saja bibit termasuk alat bajak lahan pertanian harus ada , Agar para petani yang terdampak bisa kembali menanam padi saat musim tanam berikutnya.

“Harapannya semoga ada bantuan dari pemerintah terutama bibit, terlebih lagi semoga saja ada solusi jangka panjang jika suatu saat ini akan terjadi lagi kemarau panjang seperti ini, serangan hama tikus yang sangat ganas” tutupnya.(sgd)