Giat Kerja Bakti Membersihkan Sampah Di Kali Ciherang Dihadiri PJ Bupati Bekasi

AMS

bekapjabar.com Bekasi – “Peduli terhadap lingkungan, Destana ( Desa Tangguh Bencana ) Kabupaten Bekasi Desa Karang Satu Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi membersihkan sampah sampah yang mengapung di jembatan Sungai Ciherang .

Kegiatan bersih-bersih ini juga dibarengi dengan agenda rutin PJ Bupati Bekasi yang pada saat ini mengunjungi mengecek sampah di kali atau sungai Ciherang.

DESTANA ( Desa Tangguh Bencana ) Kabupaten Bekasi , menggelar bakti sosial berupa bersih-bersih di Sungai Ciherang , Sabtu (16/12/2023).

Bakti sosial yang juga melibatkan jajaran pemerintahan Desa Karang Satu ini dilakukan dari sungai Ciherang yang bertumpukan sampah sampah rumah tangga maupun sampah sawah eceng gondok, Desa Karang Satu wilayah Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi merupakan hampir setiap tahunnya atau bahkan perbulan sampah selalu menumpuk di kali Ciherang yang merupakan muaranya beberapa kali di kali Ciherang tersebut sehingga sampah menumpuk dan tidak terbawa arus air sebab mentok jembatan tersebut yang terlalu rendah .

Kegiatan bersih-bersih ini juga dibarengi dengan agenda rutin PJ Bupati Bekasi .Yang sebentar lagi tiba dilokasi kali Ciherang untuk mengecek banyaknya tumpukan sampah yang selalu menjadi masalah bagi para petani di wilayah Kecamatan Karang Bahagia.

Camat Karang Bahagia .Karnadi.S Sos MM pada sa’at dihubungi salah satu rekan media mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi, terhadap masyarakat agar lebih peduli terhadap kelestarian dan kebersihan lingkungan salah satunya adalah membersihkan sampah sampah disungai Ciherang yang selalu menumpuk padahal sudah beberapa bulan yang lalu di bersihkan menggunakan Beko dan mobil Damtruk untuk membuang sampah sampah tersebut.

“Saya mengajak masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di Bantaran disekitar sungai, untuk ikut berperan penting dalam memelihara kebersihan di sungai dan keindahan di masing masing lingkungan dan sungai,”katanya.

Ia juga menjelaskan, betapa begitu pentingnya air bagi kehidupan manusia, untuk di jagalah kelestarian lingkungan di masing masing dan kekayaan alam yang ada di bumi di Nusantara ini.

Di tempat yang sama, salah satu warga Desa Karang Satu sangat mendukung kegiatan seperti ini yang dilakukan oleh pihak Destana Desa karang satu Kecamatan Karangbahagia Kabupaten Bekasi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup jangan sampai hal ini sampai di situ saja mari lanjutkan dengan canangan pemerinta untuk pertania.

Pasalnya dalam mencukupi atau memenuhi kebutuhan air para petani yang kebutuhan air tersebut selama ini yaitu air dari kali , hanya mengandalkan air sungai di sekitar hutan, seperti Mandi mencucii baik untuk mandi dan minum. yang lebih penting lagi pengairan persawahan para petani

“Kami ini adalah warga Kecamatan Karang Bahagia , yang kesehariannya bertani dan bercocak tanam menanam jagung dan padi diladang milik tanah PJT pengairan dengan mengandalkan air sungai untuk mengairi persawahan yang ada di wilayah Kecamatan Karang Bahagia dan yang lebih miris dilihatnya sampah sampah di sungai kali Ciherang ini selalu menumpuk ketika musim penghujan tiba,” katanya

Dengan dilaksanakan kegiatan kerja bakti ini, sungai menjadi bersih, “saya mewakili warga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Destana (Desa Tangguh Bencana ) Kabupaten Bekasi Desa Karang Satu Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi dan jajaran pemerintahan kecamatan Karang Bahagia ,serta PJ Bupati Bekasi yang Sudi mengecek yang sedang beraktivitas di sungai Ciherang Desa Karang Satu ,Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi,” Pungkasnya .(sgd)