Padepokan Jurus Cibarusahan Sena Putra (JCSP)Pasirsari Melaksanakan Tadabur Alam

AMS
Kegiatan Tadabur Alam JCSP Pasirsari Yang dibuka oleh Kasi Kesra Desa Pasirsari Bapak Tuin Umaro

bekapjabar.com Kabupaten Bekasi – Pencak silat merupakan salah satu budaya asli bangsa Indonesia. Selain untuk beladiri, pencak silat juga adalah seni yang dalam perkembangannya bahkan dipertandingkan didunia internasional.

Di Indonesia pencak silat banyak corak atau alirannya, salah satunya adalah jurus Cibarusahan. Jurus Cibarusahan sendiri dipopulerkan oleh Ki Sena Putra atau nama aslinya Raden Cecep Muharam.

Untuk melestarikan Jurus Cibarusahan, pada tanggal 6 Juni 1994 Ki Sena mendirikan Ikatan Pelestari Pencak Cibarusah (IPPC) yang kemudian tahun 2014 berganti nama menjadi Padepokan Silat Sena Putra yang beralamat di Kampung Babakan RT 03 RW 05 Cibarusah Kota Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Dalam perkembangannya Pencak silat Sena Putra sudah mempunyai tujuh cabang padepokan.

Salah satu cabang Pencak Silat Sena Putra JCSP Pasirsari hari ini Sabtu 16 Juli 2022, melaksanakan tadabur alam di lapangan Pandan Desa Pasirsari yang dibuka secara resmi oleh Bapak Tuin Umaro Kasi Kesra Desa Pasirsari sebagai wakil pemerintahan Desa Pasirsari, dan dihadiri langsung oleh guru besar Ki Sena Putra dan Ketua Karang Taruna Desa Pasirsari H. Rifa Yusrizal, SE serta Hj. Aan Anisah selaku pembina.

Dalam sambutannya H. Rifa Yusrizal, SE Ketua Karang Taruna Desa Pasirsari berharap tadabur alam ini dimaksudkan agar ada keselarasan, keseimbangan dan keserasian dengan alam sekitar untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Dengan adanya tadabur alam ini diharapkan ada keselarasan, keseimbangan dan keserasian dengan alam sekitar demi meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT, sehingga bisa menjadi insan yang berguna bagi pembangunan nusa dan bangsa”, ujarnya.

Sementara Raden Cecep Muharam yang akrab di panggil Ki Sena mengungkapkan adanya tadabur alam ini dimaksudkan agar para murid pencak silat bisa menjadi pribadi-pribadi yang rendah hati.

“Saya berharap dengan adanya tadabur alam ini bisa menjadikan murid-murid pencak silat menjadi pribadi-pribadi yang rendah hati, menyayangi sesama dan peduli pada alam sekitarnya,” ujarnya.

“Saya juga berharap dengan adanya beberapa cabang Pencak Silat Sena Putra dibeberapa tempat, bisa menjaga kelestarian Jurus Cibarusahan dan diharapkan akan terus muncul regenerasi yang berkelanjutan,” pungkasnya.