Ekowisata “Bambu Kuning” akan di bangun di Kampung Pasir Konci Poncol sebagai Program Unggulan Pemberdayaan Desa Pasirsari

AMS
Ilustrasi Ekowisata Bambu Kuning

bekapjabar.com Kabupaten Bekasi – Pemberdayaan dan ketahanan pangan saat ini menjadi topik yang hangat di bicarakan setelah bangsa ini terkena dampak Pandemi Covid-19. Banyak warga yang usahanya hancur, sehingga ekonomi masyarakat melemah.

Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi, adalah salah satu wilayah yang masyarakatnya sangat merasakan dampak dari adanya pandemi Covid-19. Adanya program pemberdayaan dan ketahanan pangan dari pemerintah pusat diharapkan bisa membantu memulihkan kondisi ekonomi di wilayah desa Pasirsari.

Dalam implementasinya ada sebuah kendala yang dihadapi, yaitu kondisi geografis di wilayah Desa Pasirsari dengan ketidak tersediaannya lahan-lahan untuk pertanian dan peternakan dikarenakan habis akibat adanya pengembangan salah satu Kawasan Industri terbesar di Cikarang.

Wakil Ketua BPD Desa Pasirsari Edi Sukardi kepada bekapjabar.com mengungkapkan bahwa kendala tentang minimnya lahan-lahan pertanian dan peternakan harus disiasati dengan hal-hal lain yang bisa memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kami telah berdiskusi dengan tokoh masyarakat dan ketua RT setempat, untuk mensiasati minimnya ketersediaan lahan, maka kami punya ide untuk mengembangkan Ekowisata dengan menggali potensi yang ada. Ekowisata akan cepat mendongkrak ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan oleh Hafiz Hambali, SH Kasi Pelayanan Desa Pasirsari.

“Ekowisata sangat cocok dikembangkan di Desa Pasirsari melihat geografis dan karakteristik masyarakatnya. Kami pemerintahan Desa Pasirsari akan berusaha mensuport program tersebut. Kami berkoordinasi dengan pihak DPMD dan Camat Cikarang Selatan,” ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya Ekowisata yang rencananya dinamakan “Ekowisata Bambu Kuning” digagas oleh komunitas “Rumah Seni” yang ada di kampung Pasir konci Poncol bersama Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (POSYANTEK) Desa Pasirsari.

Ir. H Heri Hermawan Pendamping Desa Pasirsari saat di ajak berbincang tentang Ekowisata mengatakan, “Program ini sangat cocok dikembangkan di wilayah Pasir Konci Poncol, saya akan meeting dengan tim kami dan juga Bapak camat Cikarang Selatan. Semoga ada regulasi penganggaran dana dari pemerintah yang cocok untuk program tersebut. Doakan saja agar kami bisa membantu mensukseskan ekowisata tersebut,”ungkapnya. (Red)